Selasa, 29 Juli 2008

SEJARAH SEKOLAH BESAR YANG TERLUPAKAN

SMA 5 Jakarta , setelah mendengar kata itu mungkin yg terlintas di benak anda adalah "dimanakah letak sekolahnya" . Memang SMA 5 bukan sekolah yang populer , mungkin bagi anak kemayoran sekolah ini adalah satu - satunya SMA negeri yang ada di kecamatan kemayoran . GHOTOEN , begitulah nama gaul sekolah ini . GHOTOEN mungkin berasal dari bahasa chinese yang berarti 5 . Tidak ada tanggal yang pasti kapan sekolah ini berdiri , karena SMA 5 merupakan pecahan dari SMA 1 Jakarta atau yang biasa akrab kita dengar dengan sebutan BOEDOET .
Pada tahun 1945 sekolah ini bernama SMA PERJUANGAN , karena dengan penuh perjuangan kita dapat merdeka seperti saat ini . Awal sekolah ini berdiri yaitu di gedung Kanisius dengan Mr. Sujono sebagai kepala sekolah pertama . Pada tahun 1952 SMA perjuangan berganti nama menjadi SMA ABC dan pindah dari gedung Kanisius ke komplek Siliwangi di Jalan Budi Utomo Jakarta Pusat , mengapa diganti nama menjadi SMA ABC karena di sekolah ini ada 3 jurusan yaitu A jurusan pasti alam , B jurusan ilmu sosial & C jurusan bahasa / sastra .
Dengan seiringnya waktu , setiap jurusan menjadi sebuah SMA negeri . SMA 3 Jakarta yang berdiri sekarang merupakan pecahan dari siswa jurusan pasti alam , SMA 4 yangg merupakan siswa dari jurusan ilmu sosial , dan SMA 5 sendiri merupakan siswa dari jurusan ilmu bahasa / sastra . Kisah SMA 5 tidak berhenti hanya sampai disitu , pada tahun 1978 SMA 5 kembali dipindahkan ke Jl. Sumur Batu Kec. Kemayoran dan menempati gedung dengan standart SMP yang lokasinya ditengah sawah pada waktu itu merupakan kemunduran awal hancurnya popularitas SMA Negeri 5 Jakarta sehingga banyak siswa, guru dan karyawan yang keluar dan pindah ke SMA Negeri 31 Jakarta . Ternyata SMA 5 punya banyak kisah yang selama ini tidak kita ketahui . Pada tahun 2004 gedung SMA 5 telah selesai dibangun , semoga ini menjadi satu motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan yang berkualitas .


Tidak ada komentar: